Perjalanan Hidup Di Pulau Macan

Inspirasi

Pulau Macan yang terletak di wilayah Kepulauan Seribu memiliki sejuta pesona untuk dinikmati. Keunikan yang dimiliki oleh Pulau Macan adalah pulau ini menganut konsep eco-friendly dan menganut prinsip “Sustainability Matters”.

Sustainable living dapat diartikan sebagai hidup ramah lingkungan, yang pada dasarnya merupakan penerapan dari keberlanjutan atas keputusan dan pilihan gaya hidup. Gaya hidup ini mencoba untuk mengurangi penggunaan sumber daya alam. Para pendukung gaya hidup ramah lingkungan bertujuan untuk menjalani kehidupan dengan cara yang konsisten dan menghargai hubungan simbiosis antara manusia dengan ekologi dan siklus alam.

Pulau Macan sendiri memiliki konsep eco-friendly atau bisa disebut ramah lingkungan. Makanan yang disajikan juga beragam makanan organik. Semua barang barang yang ada disana berasal dari bahan bahan yang sudah di recycle. Pengembangan teknologi ramah lingkungan yang Pulau Macan miliki juga sangat menarik untuk dikaji bersama.

Sistem Pengolahan Air Hujan Menjadi Air Bersih

Air hujan tidak dibuang dengan sia-sia. Pulau Macan menyimpan air hujan dan mengolahnya menjadi air bersih yang kemudian digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Cara pengolahannya adalah menampung air hujan di instalasi pipa, lalu ke torent. Sebelum memasuki torent, air akan difilter terlebih dahulu agar kotoran dari pohon tidak masuk ke dalam torent.

Solar Panels

Solar Panels adalah konversi cahaya matahari menjadi listrik dengan menggunakan photovoltaic baik secara langsung maupun tidak. Keunggulan yang dimiliki Solar Panel antara lain adalah ramah lingkungan, tidak memerlukan bahan bakar minyak, tahan lama, dan kapasitas daya listrik dapat ditambah sesuai kebutuhan.

Penanaman Terumbu Karang

Terumbu karang merupakan salah satu kekayaan alam yang perlu dilestarikan. Demi menjaga keasrian bawah laut, Pulau Macan memanfaatkan lahan kosong untuk menanam terumbu karang, meskipun prosesnya terbilang lama namun cara ini efektif dalam membudidayakan terumbu karang. Setelah tumbuh dan menjadi dewasa, akan banyak ikan yang hidup dan berkembang biak dengan baik yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk membuat hewan karang yang baru.

Makanan Organik

Menu menu makanan yang tersedia di Pulau Macan terbilang sederhana, namun terasa segarnya. Bahan-bahan makanannya pun merupakan hasil kebun organik yang dimiliki oleh Pulau Macan. Tidak usah diragukan lagi kelezatannya.

Cold Shower

Tidak ada pemandian air panas di Pulau Macan, semua airnya dingin alami. Ini dilakukan Pulau Macan dalam upaya pengurangan penggunaan water heater.

Eco Toilet

Uniknya dari toilet yang ada di Pulau Macan adalah menggunakan septic tank biofil yang modern dan sangat ramah lingkungan. Cara pengolahannya adalah menggunakan pengurai bakteri dan dilengkapi dengan media filter yang berfungsi sebagai tempat tumbuh berkembangnya bakteri pengurai tinja. Biofil menjadikan bumi lebih ramah lingkungan dan tidak mencemari air tanah. Dan untuk jet showernya, menggunakan air tawar. Akan tetapi untuk membilas, menggunakan air asin, agar tidak boros air tawar.

Penerapan sistem ramah lingkungan di Pulau Macan ini tergolong unik dan sangat edukatif, karena memang salah satu visi dan misi Pulau Macan adalah untuk mengedukasi pengunjung mengenai betapa penting nya mencintai dan menjaga alam yang kita miliki.

Untuk menuju ke sana hanya membutuhkan perjalanan menggunakan kapal selama 2 jam dari Pelabuhan Muara Angke atau Pelabuhan Marina Ancol. Dalam perjalanan yang cukup panjang itu, kelelahan kamu akan terbayar dengan keindahan yang Pulau Macan sajikan. Sesampainya di sana, kamu akan langsung disambut dengan staff-staff pulau yang sangat ramah. Di Pulau Macan ini mempunyai beberapa cottage untuk kamu pakai beristirahat, lantaran ditemani hamparan pasir putih dan air laut yang masih jernih berwarna biru, akan membuat pikiran kamu nyaman dan tenang.

Aktivitas yang dapat kamu lakukan di Pulau Macan adalah salah satunya, snorkeling. Coral reefs di area laut Pulau Macan dilindungi dan tidak boleh dirusak. Keindahan bawah laut yang dimiliki sangat sayang untuk dilewatkan. Ketika kamu di bawah laut, tidak ada lagi yang bisa mengganggu pikiranmu. Selain snorkeling, kamu juga dapat mencoba scuba diving yang tidak kalah serunya, dengan hanya melakukan perjalanan selama 20 menit menggunakan speedboat. Aktivitas lain selain di laut juga bisa dinikmati seperti bermain tenis atau badminton di lapangan yang disediakan oleh Pulau Macan.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inspirasi
Terlalu Sakit Saat Putus Cinta?

Ada banyak hal pilihan hidup. Selalu gembira. Selalu bahagia. Selalu bersyukur. Mengapa? Tidak ada hal tak dapat diselesaikan. Semua bisa selesai. Dari soal pacar hingga pendidikan kini ke masa akan datang dan hal-hal apapun dalam hidup. Iya kan? Siapkah menghadapi hal baru di tahun baru ini. Tak ada kata tidak. …

Inspirasi
Belajar Seni Untuk Memahami Seni, Kita

Aku belum mengerti seni tradisi. Aku hanya tahu seni modern dan kontemporer. Tidak apa-apa. Jangan memaksakan diri mengerti. Jika belum mencintai. Mulailah, dari melihat, memahami, lingkungan sekitar atau terdekat. Maka cinta akan bertemu dengan tingkah laku kultural setempat, di sana ada seni tradisi. Ini enggak ngajarin loh, sekadar berbagi aja. …